Perancangan Animasi 3D Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Iwan Kurnia Institut Teknologi Bandung
  • Hafiz Azis Ahmad Institut Teknologi Bandung
  • Alvanov Z. Mansoor nstitut Teknologi Bandung

Keywords:

visual storytelling, animasi, muslim, hijaiyah, anak usia dini

Abstract

Indonesia sebagai mayoritas penduduk muslim di dunia tidak sebanding dengan fenomena membaca Al-Qur’an yang masih sangat minim. Kunci dasar seorang muslim mampu membaca Al-Qur’an adalah dengan mengenali huruf hijaiyah terlebih dahulu sejak usia dini. Problematika yang terjadi pada anak usia dini ketika belajar membaca huruf hijaiyah adalah sering tertukarnya fonologi huruf hijaiyah, oleh karena itu diperlukan suatu media edutainment yang dapat menjembatani proses belajar yang ringan dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang animasi edutainment yang bisa meningkatkan kemampuan mengenali dan membaca huruf hijaiyah anak usia dini dengan mengadaptasi metode bunyi (thariqah al-shautiyyah) melalui visual storytelling dan pendekatan membaca permulaan melalui kata benda yang familiar dengan anak. Proses pengumpulan data primer dilakukan melalui studi literatur, wawancara dan observasi. Elemen narasi menggunakan gaya bercerita yang disampaikan oleh dialog antar karakter. Elemen suara menggunakan rhythm dan repetition sebagai strategi untuk mengingat materi sedangkan elemen visual melingkupi sinematografi dang penggayaan visual berjenis kartun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Azhim, D. A. L. E., & Kholidah, L. N. (2021). Problematika Pelafalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di Rhoudhotu Tarbiyatil Qur’an (RTQ) Al-Ghozali Tlogomas Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(1), 62–75. https://doi.org/10.17977/um064v1i12021p62-75

Amalia, S. (2019). Perancangan Animasi 2D Sebagai Media Edukasi Tentang Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Untuk Remaja Tunarungu. Wimba : Jurnal Komunikasi Visual, 10(2), 107–120. https://doi.org/10.5614/jkvw.2019.10.2.4

Globalreligiousfutures.org. (2021). Religious Demography: Affiliation 2020. http://globalreligiousfutures.org/countries/indonesia#/?affiliations_religion_id=0&affiliations_year=2020&region_name=All Countries&restrictions_year=2016

Imana, Y. (2009). Satu Langkah Mudah Membaca Al-Quran Metode Asyarah. Bandung: Khazanah Intelektual. Khazanah Intelektual.

Imana, Y. (2010). Fun Learning Tahsin Tajwid Al Quran Metode Asyarah for Kids. Salamadani.

Imroatun. (2017). Pembelajaran huruf Hijaiyah bagi anak usia dini. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 175–188.

Kebudayaan, K. P. da. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan.

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47–56. https://doi.org/10.33087/JIUBJ.V17I3.401

Langga, F. H. (2019). Narasi Visual Islami dalam Animasi “Nussa.” Institut Teknologi Bandung.

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2019). Web Series Animasi Nussa Sebagai Media Pendidikan Islami Pada Anak. Wimba: Jurnal Komunikasi Visual, 10(1). https://doi.org/10.5614/jkvw.2019.10.1.5

Makhmud Syafe’i, Ahmad Syamsu Rizal, K. R. M. (2012). Efektivitas Metode ASyarah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. 10(2), 185–197.

Mansur. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/567

Pikiran-rakyat.com. (2017). Ironis, 54% Muslim Indonesia Tak Bisa Baca Alquran. https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01290792/ironis54-muslim-indonesia-tak-bisa-baca-alquran-415880

Robingatin dan Ulfah. Z. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.

Tatik Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak the Importance of Chilhood Education for Child Development. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN DASAR, 08, 50–58.

Windasari, I. W. (2020). Efektivitas Fonik Sintetik dan Fonik Analitik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. In Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Kurnia, I., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2022). Perancangan Animasi 3D Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini. ITB Graduate School Conference, 1(1), 687–702. Retrieved from https://gcs.itb.ac.id/proceeding-igsc/index.php/igsc/article/view/58

Issue

Section

Articles