Model Pelatihan Berbasis Inquiry (IBT) untuk Perubahan Perilaku Pengunjung dalam Pemanfaatan Fasilitas Umum di Pusat Perbelanjaan
Keywords:
Mall, Fasilitas umum, perilaku pengujung, Model Pelatihan Inquiry, kurikulumAbstract
Penelitian ini tentang fasilitas umum di 3 Supermall Jawa Barat seperti pedestrian, tempat parkir disabilitas, tangga landai, area merokok, ruang terbuka bagi anak-anak bermain, nursery room, ruang laktasi, toilet bagi disabilitas serta informasi keselamatan pengunjung, tetapi pengunjung tidak memanfaatkannya bahkan tidak mengetahui akses menuju fasilitas tersebut. Pihak mall juga kurang mengontrol mengakibatkan terjadi anak yang hilang di mall dan mencari tempat bermain sendiri, pengunjung yang terkunci di toilet, baju rok panjang wanita terjepit di eskalator, ibu menyusui bayi di tempat terbuka, disabilitas jarang berkunjung ke mall, bahkan pengunjung ada yang jatuh dari ketinggian dan meninggal padahal mall memiliki hampir separuh kebutuhan hidup, menyerap tenaga kerja, tempat berbisnis maupun mengisi waktu luang. Seharusnya bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat, inilah yang menjadi latar belakang penelitian jika tidak dilaksanakan akan membahayakan nyawa manusia. Metode penelitian secara kualitatif dengan wawancara dan observasi. Solusi penelitian adalah melatih pengunjung untuk menggunakan fasilitas umum. Model pelatihan adalah Inquiry based training dengan merekayasa situasi di mall untuk eksperimen pembiasaan. Model di uji cobakan kepada 50 pengunjung mall dengan membagi pengunjung atas 2 kelas kelas experiment dan kelas kontrol. Kurikulum latihan terdiri atas pengetahuan, simulasi, dan pembiasaan penggunaan fasilitas umum.
Downloads
References
Ramli, S., Manajemen risiko dalam persfektif keselematan kerja, Dian Rakyat, 2020. (Buku)
Fakih, M., Analisis gender dan transformasi sosial, Rineka Cipta, 2017. (Buku)
Endang, S., Optimalisasi tata Kelola sarana dan prasarana, Erlangga, 2017. (Buku)
Arifin, M. B., Manajemen sarana dan prasarana, Aneka Ilmu, 2018. (Buku)