Interpretasi Karya Lukis Entang Wiharso Melt: Cooked, Eaten, and Imagined dalam Bahasa Rupa

Authors

  • Rizka Alfiana Imawati Perumahan Ayodya, No. 170, Semarang
  • Rajwie Ifktikhar Ahmad Perumahan Ayodya, No. 170, Semarang
  • Maulana Chandra Perumahan Ayodya, No. 170, Semarang

Keywords:

Bahasa Rupa, Kontemporer, Wimba, Konitasi, Denotasi, Discourse Analysis

Abstract

Karya lukis Entang Wiharso yang berjudul Melt: Cooked, Eaten and Imagined dipilih sebagai objek penelitian ini karena karya ini sangat menarik dianalisis dalam praktik kekaryaan dengan bahasa rupa Primadi. Seniman asal Tegal, Jawa Tengah yang membawa narasi personal dengan muatan sosial politik dengan latar belakang personal sebagai seorang kebangsaan Indonesia yang berdomisili di Amerika memperlihatkan pandangan lokalnya yang dibawa ke ranah global. Tradisi sebagai indentitas Indonesia yang tidak luput dibawanya ke dalam praktik kontemporer. Unsur tradisi dan kontemporer yang sangat harmonis berbaur dalam karya Entang, sehingga dalam pembacaan karyanya tidak cukup hanya menggunakan kacamata seni, tetapi perlu juga menggunakan kacamata tradisi. Hal ini menarik jika karya Entang dibaca melalui terminologi bahasa rupa Primadi, kemudian diinterpretasi ulang ke dalam konteks seni kontemporer. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah pendekatan kualitatif yang didalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mecatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi. Dalam penelitian analisis karya ini menggunakan teori bahasa rupa Primadi Tabrani, dengan narasi visual pembacaan bentuk wimba melalui makna konotasi, denotasi dan diskursus analisis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sundari, Ety. Brata & Alimi, Y., Pola Perilaku Nitor Bunga Kamboja di Area Pemakaman sebagai Upaya Meningkatkan Kondisi Sosial Ekonomi (Studi Kasus di Kabupaten Cilacap), Solidarity, 5(2) ,134 , Des.2016.

Dwi Budi,Harto., Model Film Animasi Khas Indonesia berbasis Revitalisasi Bahasa Rupa Relief Lalitavistara Candi Borobudur, Jurnal Imajinasi, X (2), 90, Juli. 2016

Rosniawati,Indah., Bahasa Rupa Tradisi dalam Lukisan Kaca Kontemporer Karya Haryadi Suadi Tahun 1989-2011, Jurnal A R T I C, 51-52, Agustus,2018.

Setiawan,Pindi., The Signification of Nyeni: Tanda-Gambar dalam Komunikasi-Rupa. Jurnal Komunikasi Visual.Vol.1 No.2 2009

Tabrani,Primadi., Wimba, Asal Usul dan Peruntukannya. Jurnal Komunikasi Visual. Vol. 1 No.1, 2009.

Sachari A, 2003, Budaya Rupa, Penerbit Erlangga, Bandung

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Imawati, R. A., Ahmad, R. I., & Chandra, M. (2022). Interpretasi Karya Lukis Entang Wiharso Melt: Cooked, Eaten, and Imagined dalam Bahasa Rupa. ITB Graduate School Conference, 1(1), 649–662. Retrieved from https://gcs.itb.ac.id/proceeding-igsc/index.php/igsc/article/view/55

Issue

Section

Articles